Sepuluh Manfaat Coklat | Manfaat Coklat

Berbagi :
Cokelat adalah sebutan untuk hasil olahan makanan atau minuman dari biji kakao (Theobroma cacao).[1] Cokelat pertama kali dikonsumsi oleh penduduk Mesoamerika kuno sebagai minuman, walaupun dipercaya bahwa dahulu cokelat hanya bisa dikonsumsi oleh para bangsawan.[1]

Cokelat umumnya diberikan sebagai hadiah atau bingkisan di hari raya. Dengan bentuk, corak, dan rasa yang unik, cokelat sering digunakan sebagai ungkapan terima kasih, simpati, atau perhatian bahkan sebagai pernyataan cinta. Cokelat juga telah menjadi salah satu rasa yang paling populer di dunia. Selain dikonsumsi paling umum dalam bentuk cokelat batangan, cokelat juga menjadi bahan minuman hangat dan dingin. Source : Wikipedia

Nah Guys Sekarang saya Akan memberikan Artikel 10 Manfaat Coklat

KLIK DISINI UNTUK LIHAT PRODUK COKLAT TER ENAK BUATAN RUMAHAN

10 manfaat coklat untuk kesehatan tubuh Kita Guys, Yuk Simak.

1. MENCEGAH KANKER

Cokelat mengandung senyawa yang disebut procyanidin pentameric atau pentamer, yang berfungsi menghambat penyebaran sel-sel kanker.

2. MELINDUNGI KULIT

Menurut para ilmuwan Jerman, flavonoid yang ditemukan dalam cokelat berperan melindungi kulit dari sinar UV matahari.

3. MEMBANTU KESEHATAN OTAK

Cokelat mengandung vitamin-C dan antioksidan flavonoid dengan komponen utamanya yaitu polifenol seperti katekin, epicatechins, dan procyandins yang membantu kesehatan otak dan sistem saraf, serta mencegah kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas. Selain itu, cokelat juga membantu meningkatkan kadar serotonin di otak yang berfungsi meningkatkan efisiensi otak dan daya ingat.

4. MENJAGA KESEHATAN JANTUNG

Flavonoid yang terdapat dalam cokelat, seperti epicatechin dan asam gallic sangat efektif untuk menjaga kesehatan jantung. Kemudian, meskipun asam stearat menjadi asam lemak jenuh , akan tetapi tidak memberikan pengaruh pada tingkat kolesterol, bahkan dapat mengurangi kemungkinan terjadinya serangan jantung. Sifat antioksidan flavonoid juga melindungi jantung dari kerusakan yang ditimbulkan oleh radikal bebas.

5. MENGATUR SUASANA HATI

Cokelat juga mengandung kafein (meskipun tidak sebanyak kopi) yang merupakan alkaloid, theobromine dan phenylethylamine yang sangat efektif dalam mengatur suasana hati. Cokelat juga mengandung tryptophan yang memiliki efek menenangka, khususnya pada kasus stress atau dalam keadaan tegang yang menjadikan emosi tidak terkontrol. 

6. MENGATUR TEKANAN DARAH

Flavonoid dalam cokelat mengandung polifenol seperti katekin, epicatechins, dan procyandins yang berfungsi meningkatkan kadar nitrat oksida dalam darah, sehingga membantu menjaga tekanan darah.

7. MELINDUNGI DARI GANGGUAN BERBAHAYA

Kandungan polifenol, flavonoid dan vitamin-C yang ada pada cokelat merupakan antioksidan yang berfungsi meminimalkan efek radikal bebas dan menyembuhkan kerusakan yang disebabkan radiasi-radiasi benda berbahaya. Kandungan tersebut juga sangat efektif dalam mencegah gangguan yang berkaitan dengan gangguan penglihatan dan pendengaran, otak, degenerasi makula, dan gangguan saraf.

8. MENYEMBUHKAN SAKIT BATUK DAN PILEK
Adanya vitamin-C, alkaloid, dan flavonoid yang ada di dalam cokelat bermanfaat untuk menyembuhkan sakit batuk dan pilek. Asam lemak seperti asam stearat, asam palmitat, dan asam oleat di dalamnya juga bermanfaat untuk mengurangi sakit tenggorokan yang disebabkan oleh batuk terus menerus.

9. MENCEGAH DIABETES
Cokelat mengandung alkaloid seperti kafein yang memiliki rasa pahit. Kepahitan alkaloid tersebut berfungsi untuk menetralkan gula dalam darah. Selain itu juga merangsang sekresi empedu dan insulin yang akan membantu menurunkan kadar gula dalam darah.

10. MENAMBAH ENERGI
Asam lemak seperti asam stearat dan asam palmitat (baik jenuh) dan asam oleat (tak jenuh) membantu menambah berat badan dan memberikan energi.

Daftar Isi [Tutup]

    Lebih baru
    Lebih lama